Jasa Travel Umroh Terpercaya Pabangbon Bogor Hubungi 082119542813

Jasa travel umroh terbaik di Pabangbon Bogor – Makna atau pengertian umroh dalam aspek bahasa merupakan berkunjung. Dimana pengertian umroh, bisa juga dibilang jika umroh yaitu sebuah perbuatan yang dengan sengaja mendatangi tempat yang selalu dikunjungi. Hal ini dikarenakan umroh bisa dilaksanakan kapan saja (tidak terikat oleh waktu seperti ibadah haji yang dilakukan pada bulan Dzulhijjah setiap 1 tahun sekali).

Pengertian Umroh

Umroh merupakan ziarah ke Baitullah dengan thawaf (memutari ka’bah 7 kali), sa’i (berlari-lari kecil) diantara dua bukit: Shafa dan Marwah, sampai diakhiri dengan mencukur gundul maupun memendekkan rambut kepala.

Sebelum menjalankan umroh, ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui oleh jamaah yang akan berangkat

Ulama berbeda pendapat berkenaan hukum umroh, yaitu:

1. Sunnah

Hukum Umroh yaitu sunnah. Ulama yang punya pendapat sunnah seperti Imam abu Hanifah, Imam Malik, riwayat dari Ibnu Mas’ud, dan pendapat yang dipilih Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

2. Wajib

Hukum umroh ialah wajib. Pendapat ke-2 dan dianggap lebih kuat hukum ibadahnya yaitu wajib, dikarenakan berdasarkan dalil-dalil dalam Al-Quran dan hadist.

Salah satu ayat yang memperkuat hukum umroh yang wajib merupakan, kepada surah Al-Baqoroh ayat 196

وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ

“Dan sempurnakanlah ibadah haji dan ‘umroh karena Allah” (Q.S. Al-Baqarah: 196).

Dalam ayat ini umroh dipertemukan dengan ibadah haji, hal tersebut yang jadi rujukan sahabat Umar, Ibnu Abbas, Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhum, juga banyak imam seperti Imam Syafi’i, dan Imam Malik dalam menetapkan hukumnya.

Disamping itu, diriwayatkan Rasulullah salallahu‘alayhi wa sallam melakukan umroh sampai 4x semasa hidupnya.

Jasa Travel Umroh Terbaik Pabangbon Bogor Hubungi Hubungi 082119542813

Syarat Umroh

Imam Ibnu Katsir menjelaskan, “Diriwayatkan secara shahih bahwa Nabi melakukan umroh sebanyak 4x, dan semuanya beliau lakukan pada bulan Dzulqo’dah, yaitu Umroh Hudaibiyyah pada tahun ke 6 H, Umratul Qadha’ pada tahun ke 7 H, Umroh Ji’ranah pada tahun ke 8 H, dan umroh terakhir saat Haji Wada’ di tahun ke 10 H.”

Sebelum menunaikan ibadah, ada baiknya kita melihat apa telah memenuhi prasyarat wajibnya. Sebaliknya, bila kita termasuk ke seluruh ketentuannya ini maka kita telah bersyarat untuk menunaikannya.

1. Beragama Islam atau Orang Muslim.

Beragama Islam adalah syaratnya seperti ibadah yang lain. Bersyahadat dan memeluk Agama Islam yaitu ticket wajib untuk diterimanya amalan ibadah-ibadah.

2. Baligh dan berakal

Balik dan berakal. Baligh yaitu batas manusia telah masuk ke perhitungan amalan baik atau buruk. Seluruh yang dikerjakan manusia yang baligh akan dicatat menjadi pahalanya atau dosanya.

Untuk batasan baligh terdapat pertanda seperti mimpi basah, timbulnya bulu kemaluan, haid untuk wanita, dan lainnya.

3. Merdeka dari perbudakan, atau bukan hamba sahaya.

Di masa sekarang ini sudah sangatlah jarang yang masih menerapkan perbudakan seperti ini.

4. Mempunyai kemampuan

Kemampuan dalam hal ini yang dimaksud yaitu finansial, kesehatan, ataupun ilmu pengetahuan.

5. Adanya Mahrom bagi Wanita

Ditemani mahram ialah salah satu ketentuan wanita bisa bepergian jauh di Islam. Ibadah ini yaitu salah satu ibadah yang harus bersafar, oleh karena itu perlu bersama dengan mahrom. Ini menjadi ketentuan untuk wanita.

Rukun Umroh

Dari serangkaian ibadahnya, Anda haru mencermati yang mana rukun umroh yang mana sunnah umroh. Dikarenakan tahapan rukun ini yang menentukan diterima atau tidaknya ibadah ini.

1. Berihram atau punya niat untuk memulai umroh.

Ihram dilakukan di miqat, yaitu tempat khusus yang ditetapkan Rasulullah Salallahu’alayhi wa sallam untuk melafadzkan talbiah umroh. Mengenai lafadz yang disampaikan adalah sebagai berikut:

“labbaik ‘umroh”

Berarti: aku memenuhi panggilan-Mu untuk menunaikan ibadah umroh.

2. Thawaf merupakan memutari Kabah sebanyak 7 putaran.

Thawaf dimulai dari Hajar Aswad, selesai di Hajar Aswad juga. Dalam prosesnya jamaah disunnahkan berlari-lari kecil pada 3 putaran pertama dan berjalan biasa pada 4 putaran terakhir.

3. Melakukan sa’i yang diawali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwa.

Sa’i dikerjakan sebanyak 7 putaran, dari Shafa ke Marwa dihitung satu putaran, balik dari marwa ke shafa dihitung satu putaran. Sehingga bila menempuh Shafa-Marwa kembali ke Shafa dihitung maka 2 kali. Di Bukit Shafa, jamaah dapat menaiki bukit, lalu menghadap Kabah dan berzikir khusus yang sudah ditetapkan Rasulullah.

4. Tahalul

Sesudah sa’i, tata cara umroh berikutnya yaitu para jamaah diperintahkan bertahallul. Tahalul adalah memendekkan semua rambut kepala atau mencukur gundul, dan yang mencukur gundul itu yang lebih afdhal. Adapun bagi wanita, cukup hanya memangkas rambutnya sepanjang satu ruas jari.

Tahalul menjadi ritual penutup ibadah umroh. Oleh karena itu, jamaah dibolehkan kembali melakukan hal-hal yang tadinya dilarang saat dalam keadaan ihram.

5. Tertib

Tertib maksudnya seluruh rukun di atas harus dijalankan secara berurutan. Apabila tidak ibadah umroh tidak sah

Wajib Umroh
Berikut wajib umroh yang perlu Anda tahu.

  • Berihram di Miqat
  • Mematuhi larangan pada saat ihram
  • melakukan rukun umroh

Setelah kita paham pengertian umroh, mari kita kaji keutamaannya, ada sebagian hadits sahih yang menyebutkan keutamaan dan pahala umroh, yang menyebabkan banyak orang yang mampu berupaya menyegerakan untuk menunaikannya. Bahkan untuk kalangan biasa-biasa saja yang terkadang kekayaan dan pendapatannya tidak memungkinkan untuk menunaikan ibadah umroh, juga berusaha semaksimal mungkin berikhtiar dan berdoa untuk meraih keutamaan pahala ibadah umroh.

Keutamaan Umroh

1. Menghapuskan Dosa
Keutamaan pertama disampaikan Rasulullah Salallahu’alayhi wa sallam pada sebuah hadist, jika Allah akan mengampuni dosa hambanya dari umroh ke umroh.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

“Antara umroh yang satu dan umroh lainnya, itu akan menghapuskan dosa antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

2. Menghilangkan Kefakiran

Keutamaan ke-2 ialah ibadah yang disebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menghilangkan kefakiran dan menghapuskan dosa-dosa. Serta dilukiskan dalam salah satu hadsit sahih, peghapusan dosanya seperti pembakaran yang menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak.

Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

“Ikutkanlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)

3. Disetarakan Dengan Berjihad Bagi Wanita

Keutamaan yang ke-3 ini khusus wanita. Perjuangan jamaah wanita saat umroh disamakan oleh Rasulullah slallahu’alayhi wa sallam dengan berjihad. Hal ini diutarakan olehnya pada Aisyah.

Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apa wanita pun wajib berjihad?”

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.”

(HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini dishahihkan Syaikh Al Albani)

Mereka yang melakukan beribadah umroh akan mendapatkan keistimewaan dari Allah. Berikut ini beberapa keistimewan ibadah umroh.

1. Setara Dengan Ibadah Haji bila Dikerjakan Saat Bulan Ramadan

Umroh yang dijalankan saat bulan Ramadan mempunyai nilai pahala yang sama dengan beribadah haji. Sesuai dengan hadist Rasulullah, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Rasulullah bersabda, “jika bulan Ramadan tiba, ber-umroh-lah saat itu. Karena umroh Ramadan senilai dengan haji”.

Di hadist berbeda Rasulullah mengungkapkan bahwa “sesungguhnya umroh di bulan Ramadan seperti berhaji bersamaku”. Imam Nawawi menjelaskan jika maksud dari hadist itu adalah nilai pahala umrah yang dikerjakan saat bulan Ramadan ini setara dengan pahala haji. tapi, tetap saja posisi haji sebagai ibadah wajib bagi kaum muslim tidak dapat digantikan oleh umroh di bulan Ramadan.

2. Doa Dikabulkan

Diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah umroh dan haji yaitu undangan dari Allah SWT. Rasulullah menyebut mereka yang melakukan ibadah ke Tanah Suci adalah ‘tamu Allah’. Sebagaimana satu orang tamu, Allah akan menyetujui keinginan mereka yang hadir ke rumahNya. Inilah yang menjadi keutamaan umroh dan haji, karena kita dapat berdoa langsung di rumah Allah dan memperoleh doa yang mustajab.

3. Umroh sebagai Ibadah Untuk Menghapus Dosa

Rasulullah bersabda bahwa “umroh satu ke umroh lainnya merupakan penebus dosa di antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain surga”. Hadist ini menunjukkan jika dalam rentang antara satu umrah dan umrah selanjutnya, dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

4. Sebagai Bentuk Ketaqwaan dan Meningkatkan Iman

Mereka yang menyempatkan diri dan mengeluarkan hartanya untuk melaksanakan ibadah umroh ialah hamba yang menunjukkan ketaqwaan pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Saat seseorang melakukan ibadah sebagai bentuk taqwa, maka keimanannya akan makin bertambah.

5. Mendekatkan Diri pada Allah

Keimanan yang bertambah dari ibadah yang kita kerjakan akan menjadikan kita semakin dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ditambah lagi, kita dapat berkunjung ke rumah Allah. Berikut yang menjadikan kita akan makin dekat dengan Allah SWT saat menunaikan ibadah umroh.

6. Dicatat Pahala sampai Hari Kiamat

Orang yang wafat dikala melakukan ibadah umroh atau haji akan meraih pahala yang akan dicatat sampai hari kiamat. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa keluar dalam melaksanakan haji lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang haji hingga hari kiamat. Barangsiapa keluar dalam melaksanakan umrah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang melaksanakan umrah sampai hari kiamat. Dan barangsiapa keluar dalam berperang di jalan Allah lalu ia mati, pasti dicatat baginya pahala seorang yang berperang di jalan Allah sampai hari kiamat.”

7. Bentuk Jihad Bagi Wanita

Seorang laki-laki berjihad dengan cara berperang atau membela agama Islam. Sedangkan untuk wanita, jihad dapat dilaksanakan dengan haji dan umroh. Seperti sabda Rasulullah dari imam An Nasa’i, “Jihad orang yang tua, orang yang lemah dan wanita adalah haji dan umrah.”

Dari Ibnu Majah, Aisyah pun pernah bertanya pada Rasulullah, ‘Yaa Rasulullah, apakah ada kewajiban berjihad bagi kaum wanita?’ Rasulullah kemudian menjawab, “Bagi wanita adalah jihad yang tidak ada peperangan padanya, yaitu haji dan umrah”.

8. Melipatgandakan Rejeki

Umroh dan haji sebetulnya membutuhkan pengorbanan materi yang cukup banyak.Akan tetapi, melaksanakan ibadah umroh dan haji tidak akan membuat seseorang menjadi miskin. Bahkan rejeki akan makin berlipat ganda setelah menunaikan ibadah umroh atau haji. Diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi, Rasulullah bersabda, “Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana api menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.”

Sebagian keistimewan ibadah umroh dapat jadi panutan untuk mulai berencana menunaikaan ibadah umroh, mulai dengan cari travel umroh terpercaya dari berbagai travel umroh di seluruh Indonesia dan mulai menentukan paket umroh yang terbaik dapat sebagai awal dari gagasan perjalanan beribadah umroh Anda.

Itu beberapa keistimewaan dari ibadah umroh yang dapat menjadi acuan untuk mulai berencana menunaikan ibadah umroh.

Keimanan yang bertambah dari ibadah yang kita kerjakan akan menjadikan kita makin dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ditambah lagi, kita dapat berkunjung ke rumah Allah. Berikut yang menjadikan kita akan semakin dekat dengan Allah SWT saat menunaikaan ibadah umroh.

[sc name=”SLIDE JADWAL UMROH”]

Pilihan Travel Umroh Yang Tepat

Untuk anda yang ingin menunaikan ibadah haji atau umroh, pastikan bila anda menentukan pilihan travel yang tepat. Dalam hal ini, Alhijaz Indowisata ada sebagai solusi travel umroh terbaik untuk anda. Travel Alhijaz Indowisata menawarkan banyak kelebihan yang tentunya akan membuat anda sangatlah beruntung menggunakannya. Agar lebih jelas, kami akan bagikan keuntungan memakai travel Alhijaz Indowisata lengkap dengan hikmah dalam ibadah haji dan umroh pada kajian berikut ini.

Keuntungan memakai Travel Alhijaz Indowisata

Berikut deretan keuntungan yang dapat anda peroleh jika memakai travel haji dan umroh Alhijaz Indowisata.

  • Sudah Jelas Berapa Biaya Umroh

Alhijaz Indowisata selalu transparan kepada para jamaah. Keseluruhan biaya paket umroh juga telah dijelaskan sejak awal. Tidak hanya itu, ketika pelunasan juga telah diterangkan berapa besaran yang sesungguhnya sehingga tidak mengakibatkan kecurigaan. Perlu untuk diketahui, setiap pelunasan sebenarnya memang terjadi selisih harga. Hal ini karena kurs rupiah terhadap dollar dapat berubah setiap harinya.

  • Kepastian Tanggal Keberangkatan Umroh

Ketika sudah melakukan pendaftaran dan menentukan paket haji dan umroh Alhijaz Indowisata, anda akan diberitahukan kapan tanggal keberangkatan. Selain itu, anda pun akan diberitahu tentang jadwal manasik. Seluruh kebutuhan, pelatihan, dan pengenalan dengan jamaah yang lain juga dapat anda peroleh dengan mudah.

  • Hotel Berkualitas Dengan Lokasi Paling dekat

Dengan memanfaatkan Alhijaz Indowisata, anda dapat bermalam di hotel berbintang yang lokasinya tidak jauh dari masjidil haram. Tidak hanya itu, kami pun memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik sesuai paket yang anda pilih.

  • Manasik Umroh Dengan Panduan Lengkap

Ibadah haji dan umroh sesungguhnya memang membutuhkan tenaga yang besar. Tetapi bila anda mendaftarkan diri di Alhijaz Indowisata, anda dapat mengetahui jadwal manasik umroh. Manasik ini dikerjakan secara bersama-sama. Dengan begitu, anda dapat mengerti bagaimana kondisi di tanah suci nanti. Anda bahkan sudah memakai baju umroh dengan seluruh ketentuannya. Khusus bagi jemaah lanjut usia juga diberi kursi roda dengan pendorong.

Jasa Travel Umroh Terbaik Pabangbon Bogor Hubungi Hubungi 082119542813

Mengapa Memilih Alhijaz Travel Umroh

  1. Berdiri Sejak Tahun 2000
  2. Provider Visa Umrah
  3. Travel Resmi Dan Terdaftar Kemenag RI
  4. Berkantor Di Gedung Sendiri
  5. Memiliki Ruang Manasik Sendiri
  6. Memberangkatan Ratusan Jamaah Setiap Minggu
  7. Pembimbing Umrah Yang Profesional
  8. Harga Cukup Terjangkau Oleh Semua Kalangan
  9. Memprioritaskan Kualitas Pelayanan & Kenyamanan
  10. Ibadah Umrah Sesuai Syariat Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah

Dokumentasi umroh Alhijaz Indowisata

Testimoni jamaah umroh citytour Turki

 

Segera Wujudkan Mimpi Anda Untuk Bisa Berangkat Ke Baitullah Bersama Keluarga Dengan Klik Tombol Dibawah !

Klik banner di bawah ini untuk whatapp kami sekarang.

Biro Perjalanan Haji dan Umroh di Pabangbon Bogor Hubungi 082119542813

[su_gmap address=”Pabangbon Bogor, Indonesia”]